Fav Quotes

"Love is like a Rubix Cube, there are countless numbers of wrong twists and turns, but when you get it right, it looks perfect no matter what way you look at it."- Brian Cramer

Why Do We Have Problems?





*Sorry bgt ini emg panjang, gw tau mungkin beberapa orang bakal stop di tengah-tengah tapi gw mohon kalian baca sampe habis soalnya gw mau tulisan gw ini berguna dan bisa memberkati banyak orang..... Thx*







Di Dunia ini, ada 1 kesamaan yang semua orang miliki...
Mau orang kaya, miskin, pinter, idiot, normal ataupun cacat...
Semua punya yang namanya MASALAH....
Tapi kenapa di dunia ini harus ada yang namanya MASALAH?

Mungkin semua orang punya jawaban atau pengertian masing-masing, tapi disini gw mau kasih jawaban menurut pendapat gw, buat yang membaca ini, kalian boleh saja setuju boleh saja tidak.. Toh ini pendapat dari gw ini ^^ hehehe... Sori sebelumnya kalo ada kesalahan dalam tulisan gw...

Menurut gw yah, kita semua orang ada masalah karena ada sesuatu yang harus di selesaikan atau di betulkan... Sadar ato tidak, masalah yang kita hadapi, bila kita lewati begitu saja, mungkin kadang kita pikir masalah itu sudah lewat dan terkubur dalam-dalam. Tapi sebenernya masalah yang kita hadapi itu bisa saja jadi masalah untuk orang lain...

Contohnya singkatnya gini, Lu pesen makan di restoran mana gtu, terus pas lu pesen misalnya salad, ternyata disalad itu ada semacam kyk serangga. Apa yang kalian lakukan? Itu sudah menjadi masalah buat kalian sendiri karena ditemukan di makanan kalian. Apakah kalian akan cuek" aja kalo ternyata ketemu itu setelah makan? Ato apakah kalian akan komplain ke restoran itu?

Kalo kalian pilih jawaban yang pertama untuk diem-diem aja, itu bisa jadi masalah bagi orang lain. Gimana kalo sampe ternyata serangga itu bukan hanya ada pada makanan lu aja, tapi di tempat lain juga? itu bakal bawa masalah buat orang yang lain juga dong. Nah jadi lu harus tindak untuk menyelesaikan masalah itu, tapi caranya pun harus bener, sama aja lu komplain tapi dengan penuh emosi. Itu justru nambah masalah. Yang seharusnya kita lakukan itu yah ngomong pelan-pelan jadi kasih tau kalo ada masalah, mereka juga pasti ngerti kok.

Jadi kesimpulan untuk jawaban ini adalah kalo lu tuh di tunjuk oleh Tuhan untuk menyelesaikan masalah sehingga dapat membawa dampak yang baik ke orang lain juga meskipun secara tidak langsung...

Nah selain itu, menurut gw kita punya masalah karena Tuhan SAYANG sama KITA...
Loh? Kok katanya sayang malah dikasih masalah? Lah bukannya Tuhan itu bakal kasih kita yang baik" aja? tapi kok skrg ijinin kita mengalami masalah?

Justru dengan cara ini Tuhan bisa tunjukin kasih sayangNya untuk kita atau kita bisa ngerti kalo Tuhan tuh sayang sama kita. Menurut gw, hidup bersama masalah itu banyak tantangannya dan seru, hidup monotone gtu tuh keknya bosen bgt deh.

Perhatikan kalimat ini baik-baik...
Lu gak akan pernah tau kalo gula itu manis sebelum lu rasain yang namanya gula itu. Lu gak akan pernah tau rasanya suatu makanan kalo lu gak pernah ngerasain.

Sama aja dengan yang dibawah ini,

Kalau lu gak pernah sakit, lu gak akan pernah sadar kalo Tuhan tuh penyembuh. Kalau lu gak pernah sedih dan bete, lu gak akan pernah tau kalo Tuhan itu penghibur. Kalau lu gak pernah kekurangan, lu gak akan pernah tau kalau Tuhan itu selalu mencukupi kita. Kenapa Tuhan melakukan semua itu? Ya, karena Dia sayang kita. Jadi lu bisa ambil kesimpulan kalau Tuhan tuh ijinin segalanya terjadi karena Dia ingin tunjukin kalau Dia bener-bener sayang banget sama kita.

Tapi bukannya ada orang juga yah mereka lgsg tau segala pemberian itu dari Tuhan, jadi kenapa Tuhan gak tunjukin lewat kasih yang enk-enak terus aja? Hahaha kek gitu sih emang enak, tapi apakah kalian pikir apa yang kalian dapatkan itu bisa puaskan kalian?

Tidak sama skali, di dunia ini GAK ada SATUPUN yang bisa memuaskan kita. "Tapi gw puas tuh kalo misalnya gw lagi pgen HP terus dibeliin HP yang gw mau itu." Ya lu pasti puas, tapi DAGING lu doang yang puas. Maksudnya daging? Emang kulit, lemak kita gtu bisa puas? Daging yang gw maksud disini itu dalam konteks yang berbeda.

Manusia terdiri dari 2 hal, Roh dan Daging. Kencenderungan manusia adalah untuk lebih memilih kedagingan ketimbang Roh, padahal daging itu berarti sesuatu yang dunia, dunia itu dosa. Manusia gak bisa terpuaskan oleh sesuatu yang berasal dari dunia karena hanya memuaskan daging kita, bukan Roh kita...

Gimana bedain batasan kepuasan daging kita dan roh kita? Contohnya gini, Daging, Atlit-atlit bisa aja membentuk badannya, memperbesar ototnya dengan berlatih, tapi apakah itu akan berkembang terus dan otot-otot itu besar tanpa hentinya? Tidak akan, suatu saat itu akan mencapai puncaknya dan tak lagi bisa berkembang.. Berbeda dengan Roh, Roh kita tidak dibatasi oleh apapun, tidak seperti memori komputer, Roh tak punya limit apapun.

Nah sekarang balik lagi tentang kepuasan kita. Ketika Roh kita puas, daging kita pun puas. Berbeda dengan ketika daging kita puas, roh kita tak akan puas. Jadi percuma lu kejer-kejer susuatu yang ada di dunia untuk puasin lu.. Toh lu pake HP terus lama kelamaan lu pgen HP yang lain kan? yang lebih canggih n populer skrg gtu. Itu namanya lu gak puas dengan apa yang lu punya. Kepuasan yang diberikan dunia hanya sementara, sedangkan kepuasan yang diberikan Tuhan yang memuaskan Roh kita, itu sifatnya kekal.

Jadi ini kesimpulannya, Tuhan tunjukin kasihNya lewat pengalaman, sebab suatu pengalaman itu akan terpendam dalam otak kita selama-lamanya. Dan sadar tak sadar, sesuatu yang jelek misalnya pengalaman yang jelek, selalu kita akan ingat dan gampang bgt kita ingat. Nah lewat cara itu Tuhan tunjukin kasihNya, jadi kita akan ingat pengalaman buruk kita yaitu masalah-masalah itu tapi disana kita juga akan gmana kita lewati dan selesaikan masalah itu.

So, Jangan pernah lari dari masalah, hadapilah masalah itu bersama Tuhan. Mungkin masalah itu terlalu besar buat kita, tapi bilang kita jalan bersama Tuhan, semuanya akan beres.

Sori panjang bgt tapi thx bgt bagi yang sudah rela baca sampe habis..
Semoga tulisan gw bisa membawa berkat bagi kalian semua..
Thx GBU

15 comments:

mandaPanda said...

hea.. ^^ bagus2...
gw suka nih..
sebenerna sih ada cerita tambahan..
gw ada daped dari kotbah pendeta..

hehe..
tapi ntar gw kasi tau di facebook aja dah.. XD
hehehe

- tia - said...

stuju...

problem itu emang ga enak, tapi klo ga ada problem idup lo jadi ga enak jg...

Anonymous said...

stuju Jong.. mantap lah
emang Tuhan baik dah ama kita
gak pernah ninggalin kemanapun kita pergi..
GBU jong (adrian stefan)

Anonymous said...

Sudahlah...Mantap sekali kamu bapak pendeta,sungguh menyentuh hati....kapan ni bisa bawain khotbah di tempat2?

JonG said...

thx buat semuanya ^^

`stellbee` said...

bgs nihh .
inspiring people .
aplg klo yg lg pny mslh . haha .
two thumbs up dh . xD

JonG said...

thx commentnya ^^
lol, just knew that you have a blog haha

Anonymous said...

Bagus Jong!!
Gw kira semua agama ngajarin yang sama, intinya Tuhan ngga akan ngasih cobaan yang melebihi kemampuan hambanya..
haha
- Dhuhaa -

JonG said...

haha yoi, thx ^^

`stellbee` said...

love 2 read this over again . hahaha .

JonG said...

hehehe makasih"
^^ smoga postingan ini bisa jadi berkat ^^

`stellbee` said...

samisamii . hoho .

key.kikoo said...

BAGUS BAGUS
setuju gue

putu said...

stujuu..
aje gile,, lu bisa kotbah??

bused dah.. jdi guru agama ajah di skul.
gw masuk kelas kristen deh (walopun gw bkan kristen, fyi, gw hindu, im balines).

well we have problems, and we have to stop running from it and start to solve it.. ya kan??
and.. thank God, Dia mau bantuin kita..

JonG said...

Yaph, percuma kita lari soalnya, mau lari kek apapun, masalah kita gak akan pernah selesai, masalah selalu akan membuntuti kita ^^